Minggu, 24 Mei 2015

PANTAI SIRING GERSIK PUTIH

Betapa indahnya desa ini, berada di ujung penantian harapan terindah suatu negeri. Ya itulah suara masyarakat desa gersik putih yang didalam penantiannya terdapat mimpi – mimpi nyata didepan mata kita, mata kita semua, mata yang tertuju kepada satua nuansa keindahan alam yang terbentuk suatu goresan dengan pasir putih dan arus yang mengalir di hembuskan oleh angin. Sembari Pohon cemara yang selalu hiasi setiap sudut kesempurnaan mata kita memandang, seakan telah menjadikan lambang bagaimana sumenep dikenal dengan sumekar. Madura yang dikelilingi oleh samudera biru nan elok dipandang. Terdapat pula desa – desa yang menghantarkan jiwa ini kedalam hati yang sebenarnya. Ke dalam aktivitas natural, terbiasa menyatu dengan alam semesta. Kini aku perkenalkan sebuah harapan baru bukan baru harapan dimana aku dilahirkan sembari kecilpun aku suka dengan keindahannya, keindahan pantainya, keindahan bagaimana aku menikmati setiap aktivitas menyatukan diri ini dengan sebuah perjuangan untuk mewujudkannya.

Di desa ini terdapat sebuah pantai, yang sedari kecil kami sudah menyebutnya dengan “Pantai
Siring” yang seolah sudah kami ubah menjadi  kosa kata Indonesia yang pada penyebutan maduranya yakni ‘Gir-Sereng’. Mempunyai pengertian secara luas suatu kawasan yang terdapat dipinggir pantai yaitu berada di Desa Gersik Putih Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, pantai siring merupakan terusan dari pantai yang berada di deretan pulau - pulau yang ada di Sumenep. Diantaranya meliputi ‘gili yang’, ‘gili manok’, ‘gili genteng’, ‘podei’, ‘raas’, yang terbentang luas sampai daratan banyuwangi dan bahkan ke daerah pesisir Kalimantan.

Pantai siring dikenal dengan pasir putih yang bersinar seperti pantulan cahaya, dengan tetap menyesuaikan situasi pembentukan alam pada zaman dahulu kala. Dimana keindahannya dapat kita lihat ketika air mulai surut sampai batas kurang lebig ¾ dari daratan. Kita bisa melihat bebatuan yang terpendam ditengah – tengah pasir putih, angin semilir yang terhembus memberikan kesegaran, kenikmatan tersendiri kepada kita, bahkan jika kita merasakan kepenatan, terlalu banyak beban pikiran. Pantai Siring tidak pernah membiarkan setiap orang yang datang merasakan hal itu. Yang ada dipantai ini kita akan menemukan berbagai macam asiprasi, penyegaran pikiran, terutama dapat  dijadikan sebagai tempat yang paling dramatic, romantic, dapat menyatu dengan alam sekitar, serta memberikan kepuasan yang tidak akan pernah ada di belahan dunia manapun terlepas dari keindahan itu sendiri.

Dengan adanya pantai siring yang telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat desa gersik putih, dari berbagai macam jenis hasil tangkapan nelayan,juga dari segala aspek yang sangat memungkinkan kita semua menjadi pemerhati sekaligus dapat dijadikan sebagai area pengenalan kepada semua lapisan masyarakat, bahwasanya dipantai inilah kita selalu menemukan sesuatu yang berharga, baik itu hal yang dapat mendidik kita, membuat kita gembira, senang, selalu ada saja hal yang kita temukan dari pantai ini.
Setiap hari setiap saat pantai ini tidak pernah sepi, selalu ada saja hal yang dilakukan oleh masyarakat desa Gersik Putih, seperti menikmati keindahan matahari terbit, bermain volley pantai dipagi hari sembari menikmati keindahan pantai, sekedar jalan – jalan kumpul sama teman – teman disore hari, dan sangat cocok sekali untuk yang ingin berfoto –foto atau
 
mengabadikan keindahan pantai baik itu pada saat matahari terbit, dan bahkan pada saat mata hari terbenam. Pantai Siring juga bisa dijadikan sebagai lokasi syuting, karena anda semua akan takjub ketika mendapatkan baground yang menyuguhkan nuansa alami, pantai yang indah dengan pasir putih dan bebatuan yang terdapat di tengah – tengah pantai. Dimana lagi kalau bukan di Desa Gersik Putih Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur. Penasaran? Ayo datang langung ke pantai siring, Rame – Rame. Lebih Asyik Kalau Kamu TAU. [opini_diey]

0 comments:

 
f
Design by Diey Lights (ady cahyadi) | Created by Light's